17 Mei 2011

Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat


Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat

Mau makan camilan sehat karena kaya serat alami, rendah lemak namun enak dan mengenyangkan? Nah, kenapa anda tidak mencoba wheat bran muffin ini saja. Camilan ini sehat, lezat, mengenyangkan, sekaligus sangat mudah dibuat dalam waktu yang singkat. Kelebihan lainnya, muffin ini tidak perlu menggunakan mixer sama sekali, semua bahan tinggal anda cemplungkan jadi satu ke dalam mangkuk aduk-aduk dan panggang. Muffin lezat terhidang dalam sekejap dan menjadi makanan pas buat mengganjal perut saat sarapan. Kenyangnya bertahan hingga siang lho ^_^. Itu juga pendapat Ibu saya yang kebetulan ketika datang ke rumah Pete masih mendapatkan jatah satu buah muffin sebelum ludes diserbu anggota keluarga yang lain.

Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat
Wheat Bran
Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat

Untuk membuat wheat bran muffin ini tentu saja anda memerlukan wheat bran, jika anda belum tahu dan mengenal wheat bran, anda bisa klik di postingan saya sebelumnya di Apa Yang Anda Ketahui Tentang Wheat Bran?. Wheat bran ini merupakan dedak yang dihasilkan dari penggilingan gandum. Berbentuk seperti flakes atau kepingan kecil yang tipis dan sangat ringan sekali. Wheat bran  umumnya digunakan sebagai bahan campuran roti, cookies atau muffin dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita karena kaya akan serat/fiber, vitamin dan mineral. Selain itu wheat bran sangat mengenyangkan karena memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi. 

Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat

Tips agar muffin atau roti anda berakhir sukses jika menggunakan wheat bran adalah porsi airnya, harus diperhatikan bahwa porsi air jangan sampai kurang. Karena wheat bran sangat menyerap air maka takaran air/susu tidak bisa disamakan ketika kita membuat muffin hanya dengan menggunakan tepung terigu saja saja. Bisa-bisa muffin kita berakhir bantat karena jumlah air yang kurang. Percayalah saya pernah membuat roti dari wheat bran yang karena resepnya hasil uji coba sendiri berakhir seperti segumpal tanah liat yang dibakar, keras! Analisa saya, karena air yang kurang membuat ragi tidak bisa bekerja dengan baik sehingga ketika dipanggang roti tidak mengembang sama sekali. Ketika saya coba ulangi kembali, kali ini dengan air yang lebih banyak, roti mengembang dengan baik, lebih empuk dan lembut. 

Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat

Selain kismis, anda juga bisa menambahkan potongan-potongan pisang ke dalam adonannya. Muffin menjadi lebih sehat. Potong pisang menjadi kubus-kubus kecil kira-kira ukuran 1/2 x 1/2 cm, masukkan dalam adonan. Variasi lainnya dengan menambahkan kacang-kacangan. Hmm, muffin anda pun menjadi lebih padat dan kaya nutrisi.

Berikut ini resepnya ya.

Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat

Wheat Bran Muffin
Resep diadaptasikan dari All Recipes - Classic Bran Muffin

1 resep untuk 12 buah muffin, saya menggunakan 2 kali resep di bawah.

Bahan:
- 85 gram wheat bran
- 235 ml susu cair
- 1 sendok teh white vinegar atau bisa diganti dengan air jeruk nipis/lemon
- 80 ml minyak sayur (saya menggunakan minyak zaitun)
- 1 buah telur, suhu ruang
- 95 gram brown sugar (saya pakai 40 gram gula palm ditambah  55 gram gula pasir)
- 1 1/2 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 125 gram tepung terigu serba guna/protein  sedang
- 2 sendok teh baking powder, pastikan fresh dan cek masa kedaluarsanya
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan kulit jeruk lemon parut (resep asli tidak pakai)
- 80 gram kismis
- 100 gram pisang (optional)

Cara membuat:
Siapkan oven, set disuhu 190'C, letakkan rak kawat di tengah. Siapkan loyang muffin, olesi mentega dan taburi tepung terigu. Atau bisa juga loyang dialasi dengan kertas cup. Sisihkan.

Ayak tepung terigu, garam, baking powder dan vanili bubuk. Sisihkan.

Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat

Siapkan mangkuk, tuang susu ke dalamnya, tambahkan white vinegar atau air jeruk nipis untuk membuat buttermilk/sour milk. Diamkan + 20 menit hingga susu asam, sisihkan.  Siapkan mangkuk besar, masukkan wheat bran ke dalamnya, tuangkan susu dan diamkan selama + 10 menit. 

Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat

Siapkan mangkuk besar lainnya, masukkan minyak sayur, gula palm, gula pasir dan telur, aduk menggunakan spatula balon hingga rata. Tambahkan parutan kulit jeruk lemon ke dalamnya, aduk.  Masukkan wheat bran yang telah direndam dengan susu beserta juga dengan susunya. Aduk rata. 

Tuangkan ayakan tepung terigu kedalamnya adonan wheat bran, aduk menggunakan spatula secara perlahan hingga rata kemudian tambahkan kismis ke dalam adonan, aduk. Saya membuat dua variasi: muffin dengan kismis saja dan muffin dengan kismis dan potongan buah pisang.

Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat
Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat

Masukkan adonan muffin ke dalam cetakan yang telah disiapkan dan panggang selama 20 -25 menit hingga muffin matang. Test dengan tusuk gigi, jika tidak ada adonan yang menempel maka keluarkan muffin dari dalam oven. Diamkan muffin sejenak di loyang + 5 menit, keluarkan muffin dari loyang dan tata di rak kawat hingga dingin. 

Resep Wheat Bran Muffin - Muffin Sehat Kaya Serat

Muffin siap disajikan. Kue ini lebih lezat jika dimakan keesokan harinya. Yummy!

Source:
All Recipes - Classic Bran Muffin
Wikipedia - Bran



20 komentar:

  1. pagi!!! tadi saya mencoba ini... its soooo yummmyyy (untung sekali dapat wheat bran dari teman yg jauhh )... dulu pertama kali baut . nempel di kertas muffin itu... skrg uda beli muffin tray yg aluminium oooo gal,,, they dont stick no more... thank u thank u ... makasih yaa...resep2nya luar biasaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Deswita, salam kenal dan saya senang banget membaca uji cobanya sukses dan rasanya enak. Yep, muffin paling oke kalau pakai loyang jadi kuenya gak kemakan sama kertas. Sukses ya!

      Hapus
  2. mbak eeeenn..waa,brusan coba wheat bran muffinny,enyakenyakenyak :)
    tp gulanya dganti pk gula tepung,vanili jd kayu manis,dtambah cheddar parut,udh gt bkinnya pake cetakan bolu kukus,tp yg paling woke adalah itu muffin merekah membahana..ahahahaha
    trimakasitrimakasi ;)
    -cipie-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, thanks sharngnya ya, kayanya modifikasinya mantap banget. Apalagi pakai merekah membahna wkakakak, sippp! Saya susah bener bikin merekah membhana hehhee

      Hapus
  3. mbak eeen,skrg sy hobi bgt bkin muffin,apalagi bkin wheat bran ini,sampe pk bragam rasa,hahahaha..tp yg plg manstrap pk essence tiramisu,itu 2 jempol!apalagi tmbh pisang,widiih..wanginy membuai jagat raya!!nanti kyny m cb bikin wheat bran cookies,scara wkt itu sy beli 1kg,pdhal blm tau mau diapain,cuma tau itu dr gandum aja..ahahaha..kedodolan membawa nikmat :)

    -cipie-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, saya jadi ingat dulu kala pertama kali saya nemu wheat bran dan gandum utuh. Hampir tiap minggu saya bikin muffin, setiap kali ada keluarga datang saya jejali juga dengan muffin wakakkak. Mudah dibuat dan enak ya. Buat bekal sarapan ke kantor juga maknyuss.

      Sip, lanjutkan eksperimen muffinnya ya dan thanks sharingnya. Sukses selalu ^_^

      Hapus
  4. Ahhh.. resep ini menyelamatkanku! Hahaha.. ini aku yg salah beli tepung gandum jadi wheat bran itu Mbak.. :D
    Kayaknya ini enak dan gampang.. Nyontek ya, Mbak.. tp ntar kalo wheat bran bread gagalnya udah abis, meski sptnya masih lama.. haha..
    Thanks ya, Mbak udah share.. Resep2nya cihuy.. kemarennya aku coba steamed moist chocolate cakenya, enak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, saya suka pakai wheat bran juga kok untuk muffin dan bread, jadi jangan khawatir wheat brannya pasti berguna kok. thanks sharingnya ya ^_^

      Hapus
  5. Mbak susunya kalo diganti sama almond milk bisa ga yaa ? Huehehe bener2 gamau ngonsumsi susu sapi soalnya kalo ga terpaksa :D

    BalasHapus
  6. Mbak, kemarin sdh saya coba. Bener, mengenyangkan! 3 teman kantor yg lagi diet, saya kasih icip, dan katanya enak. Saya setuju. Tapi... mama kurang suka, katanya krenyes2, kasar .... ha..ha..., maklum sdh sepuh. Berarti lain kali harus saya habiskan sendiri bersama teman2 kantor. Terima kasih idenya, mbak.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sisca, yepp bagi penggemar cake dan muffin empuk maka muffin sehat diatas memang terlalu berat dan kasar wakakk. thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  7. Salam kenal mba endang, kbetulan akhir2 ini sy lg seneng2nya buat brownis..tp msih belajar.. Ada satu hal yg menjadi pertanyaan sy, knp ya mba setiap kali sy mengkukus brownis, hasil permukaan diatasnya selalu bergelombang/ berkontur? Tidak pernah bisa rata dan halus seperti brownis yg prnah sy lihat seperti brownis amanda.. Kira2 knp bisa begitu yah mba? Mohon saran dan pencerahannya mba endang.. Tks sbelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya mba, coba untuk masalah tersbut buka artikel saya disini:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/05/tips-sukses-mengukus-cake.html

      saya sudah pernah bahas ini ya.

      Hapus
  8. Mbak pernah membuat muffin atau roti dari tepung bekatul? Kebetulan saya diberi beberapa bola yang harusnya jadi minuman bekatul, tapi pas dicoba rasanya super aneh. Penasaran aja, bisa gak ya dijadikan makanan. Saya lihat d resep luar negeri banyak bahan yang susah didapatkan. Trima kasih sebelumnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekatul bs dipakai buat cmpuran cake, roti, kue kering, atau muffin, pakai beberapa sendok makan sj, kurangi takaran tepung terigu dan ganti bekatul

      Hapus
  9. Hai mb, saya pakai otang jd gk tau gmn brp ngatur suhunya, kalo dikukus bisa jg mb?
    Terus kalo takaran seperti 85 gr itu nakar pakai apa ya mb?
    Maaf newbie banget tntg masak memasak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu untuk otang ya mba, blm pernah pakai. Muffin bs kukus. Menakar gram pakai timbangan digital Mba.

      Hapus
    2. Kalo langsung pake cetakan muffin yg kertas bisa nggak mb?
      Soalnya blm punya cetakan yg aluminium gitu

      Hapus
    3. tergantung jenis cupnya ya mba, kalau cup kertasnya kokoh bisa, tapi kalau lemas tidak ya, harus pakai loyang muffin, karena cup yang tipis akan melebar ketika diiisi adonan

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...