26 Maret 2011

Resep Gado-Gado Siram ala My Mom


Resep Gado-Gado Siram ala My Mom JTT

Tadinya, artikel resep ini akan saya posting dengan judul Gado-Gado Siram Tanjung Pinang tetapi karena saya sendiri sebenarnya tidak yakin makanan ini adalah makanan khas dari daerah tersebut maka saya ganti judulnya dengan melibatkan Ibunda tercinta yang mengajarkan resep ini dengan penuh kasih. Ibu saya yang asli dari Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, suka memasak menu ini untuk keluarga dan beliau mempelajari resepnya kala menetap di sana. 

Resep Gado-Gado Siram ala My Mom JTT

Berbeda dengan gado-gado Jakarta yang sarat sayuran dengan rasa yang segar dan ringan maka gado-gado yang ini justru kebalikannya. Komposisi bumbu saus kacangnya lebih kompleks dan isinya juga lebih berat. Bahan gado-gado siram ini terdiri atas mie kuning, potongan kentang, irisan tahu dan tempe goreng, daun kol rebus dan tauge. Semua bahan-bahan tersebut ditata berlapis di atas piring untuk kemudian disiram dengan kuah dari kacang tanah yang diberi bumbu-bumbu rempah dan dikentalkan dengan tepung maizena. Hmm, yummy!

Resep Gado-Gado Siram ala My Mom JTT

Mungkin anda berfikir, berat bo! Memang, saya sendiri mengakuinya, tetapi kami sekeluarga sangat menyukainya dan selalu menunggu dengan tidak sabar kala Ibu saya memasak makanan ini di dapur. Bagi anda yang tidak terbiasa dengan kuah kacang kental yang mirip-mirip dengan saus sate padang ini mungkin akan memandang dengan dahi berkerut. Tetapi ketika aneka campuran bahan makanan itu bercampur menjadi satu dengan gelimangan bumbu alias gado-gado, saya yakin setelah suapan pertama maka dengan bersemangat anda akan menyambungnya dengan suapan-suapan berikutnya. Selain lezat, satu porsi makanan ini telah lengkap dengan karbohidrat, protein dan sayur-sayuran. Mantap!

Tertarik untuk mencoba? Berikut saya bagi resep dan cara membuatnya.


Resep Gado-Gado Siram ala My Mom JTT

Gado-Gado Siram ala My Mom
Resep dari Ibunda tercinta

Untuk 5 porsi

Bahan:
- 250 gram mie kuning, rebus hingga matang dan tiriskan
- 2 butir kentang rebus, iris tipis
- 3 potong tahu goreng, iris tipis
- 3 potong tempe goreng, iris tipis
- 200 gram kol, potong-potong seperti akan membuat sayur sop, rebus sebentar, tiriskan
- 1 tangkai kemangi, ambil pucuknya
- 500 ml air
- 3 sendok makan tepung maizena larutkan dengan 50 ml air
- 200 ml santan setengah kental

Untuk saus gado-gado
Bumbu yang dihaluskan:
- 200 gram kacang tanah, goreng kecoklatan.
- 5 buah cabai rawit 
- 3 buah cabai merah
- 4 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 2 ruas kencur

Bumbu lainnya:
- 2 batang serai, pipihkan
- 10 lembar daun jeruk, sobek kasar
- 2 ruas lengkuas, pipihkan
- 3 lembar daun salam
- 2 sendok makan gula jawa
- 1 sendok makan gula pasir
- 1  1/4 sendok makan garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk

Pelengkap:
- 1 batang daun bawang, rajang kasar
- 1 batang daun seledri, iris halus
- Bawang merah goreng secukupnya untuk taburan
- Irisan jeruk nipis

Cara membuat saus:
Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, kencur, kacang tanah. Sisihkan.

Di panci masukkan air, rebus bumbu halus, serai, daun jeruk, lengkuas, salam, gula jawa dan garam hingga mendidih. 


Resep Gado-Gado Siram ala My Mom JTT

Masukkan santan, masak sambil diaduk hingga mendidih. Tambahkan larutan tepung maizena, aduk hingga kental. Masukkan kaldu bubuk, daun bawang dan daun seledri. Aduk hingga semua bahan matang, cicipi rasanya. Matikan api.


Resep Gado-Gado Siram ala My Mom JTT
Resep Gado-Gado Siram ala My Mom JTT

Cara Penyajian:
Siapkan piring saji, tata satu porsi mie, irisan kentang, sayuran, tahu dan tempe goreng kemudian siram dengan sausnya. Taburi dengan daun kemangi dan bawang goreng serta kucuri dengan air perasan jeruk nipis.


Resep Gado-Gado Siram ala My Mom JTT
Resep Gado-Gado Siram ala My Mom JTT


Siap untuk disantap. Enjoy!



17 komentar:

  1. cari gado2 d batam kq ada mie kuningx smua tyt adaptasi tanjung pinang y mbak??atau padang?? udah gt rasax kacau smua hehehe.. next trial mau bikin ini biar gak sll kcewa cari gado2 yg enak dsini rempong bgt hihihi.. thx mbak endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shinta, yep saya rasa terpengaruh dengan Melayu ya, gado2nya wakakka. Di tanjung pinang, gado2nya beda banget sama Jakarta. Tapi sampai sekarang saya lebih suka gado2 yang versi mie kuning ini wakakak.

      gado-gado Jakarta lebih simple MBa bumbunya, cuman bawang putih, garam, gula merah, kacang, cabe, air asam jawa. Haluskan jadi satu.

      Hapus
    2. Mba Endang kl bumbu gado-gado Jakarta yg simpel ini mirip bumbu pecel ya. Nah yg bedain takaran nya seberapa ya?

      Hapus
  2. ooo gt y mbak hihihi.. pantes rasax doremifasol wkwkwk.. tp mmg dsni susah cari makanan enak mbak, lain sm d jawa hihi.. alhamdulilah kenal JTT sll sy tongkrongin webx always.. gak pnh k delete d google chrome hihihi.. trimakasih mbak endang yg sll mmbuat sy betah d dapur krn resep jitux hehe..

    kiss.. kiss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah di Batam makanannya Chinese food mulu ya, hehhehe. Tapi saya suka bangett wakakka. Kakak saya dan suaminya stay di Batam, disana saya malah pesta kuliner. Favorit saya otak2 resto Shiang-shiang punya, mantapppp! hehhehe

      Hapus
  3. seafood sih iya mbak.. puas dsni.. tp makanan rakyat macam bakso, gado2 gda yg beres asal bikin aja hahahaha.. jd curhat hihihi..
    itu makax jd cinta bgt sm JTT hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakka, saya disana gak coba makanan lain selain seafood, kata kakak saya memang gak enak hahahha.

      Hapus
  4. Mba Endang ini kira2 jadinya utk berapa porsi ya... ? Thenx much mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kuahnya bisa jadi banyak porsi ya mba, sekitar 5 - 6 porsi bisa, tapi kalau mie kuningnya kayanya haya untuk 2 porsi ya

      Hapus
  5. Mbaa... bisa nda bumbu nya yg sdh dimasak jd stok dikulkas atau freezer.. thanks mba

    BalasHapus
  6. bumbu kacangnya sudah di masak baru di freezerkan ato bumbu kacang mentah difrezerkan ya mbak. rasanya setelah freezer apa berubah ya?ada santan ga pecah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah matang di freezer mba, pengalmaan saya tdk pecah ya walau bersantan. panaskan lagi sampai kental ketika akan disantap

      Hapus
  7. Dear mba Endang, saya sueneeeng sekali dgn resep bumbu gado2 ini.. mantabs!
    Terimakasih untuk resep2nya ya mbak.. sudah byk hg saya coba dan jadi favorit keluarga.
    Resep bumbu gado2 ini pertama kali saya buat di awal saya merantau ke Inggris 3 tahun lalu...awalnya karena memang ga ada mamang gado2 yang mangkal di pojokan maupun yg lewat pakai gerobak.. dan sampai sekarang resep ini selalu jd andalan kalau kangen gado2..cuma saya modif kacangnya saya pakai selai kacang (krn di sini lebih murah dan lebih praktis)..jadi ga pakai goreng dan haluskan kacang..
    kadang juga modifikasi di sayuran..sesuai dgn apa yg lagi musim di sini.. kadang pakai sepaket sayuran yg biasa dibuat salad (aneka ragam lettuce,jagung,wortel dkk).. yg penting bumbunya ala jtt yg enyakkk inii..
    Semoga mba Endang selalu sehat, bisa selalu berbagi dan resep2nya jadi ladang amal jariyah.. aamiin

    BalasHapus
  8. Kangen gado2 gembira ditanjungpinang...😁

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...