10 Januari 2011

Resep Dumpling Ayam & Udang - Step by Step


Resep Dumpling Ayam & Udang JTT

Dumpling merupakan salah satu jenis dim sum yang banyak penggemarnya. Makanan ini biasanya umum disajikan ketika kita bersantap di resto yang menyajikan dim sum food. Dim sum sendiri adalah istilah dalam bahasa Kanton yang artinya makanan kecil. Variannya selain dumpling antara lain bak pau dan kaki ayam dim sum.  Dumpling biasanya terdiri atas daging cincang ditambah dengan sayur-sayuran yang dibungkus dengan selembar kulit yang terbuat dari adonan tepung. Jenis dumpling-pun bermacam-macam, misalnya Jiaozi, dumpling ini berisi daging cincang dan sayuran biasanya dimasak dengan cara direbus dan memiliki kulit yang tebal. 

Potstickers, adalah dumpling yang proses memasaknya dengan cara pan fried, dumpling dimasak di dalam pan/penggorengan datar menggunakan air dan minyak hingga air habis sehingga bagian bawah dumpling menjadi berwarna kecoklatan. Dumpling udang atau Har Gau, ini merupakan dumpling yang berisi udang dan rebung, keunikan Har Gau adalah kulit pembungkusnya yang licin dan mengkilap nyaris  transparan. Yang paling umum kita kenal mungkin Siu Mai alias siomay, nah dumpling yang ini pasti sering sekali kita makan. Keunikannya adalah bentuknya yang seperti keranjang mungil, biasanya terbuat dari daging ayam, ikan atau udang.  

Resep Dumpling Ayam & Udang JTT

Nah, berawal dari kegemaran menyantap dumpling udang yang saya suka beli versi bekunya, saya pun jadi ingin mencoba membuatnya. Apalagi dumpling udang (Har Gau) harganya tidak bisa dibilang murah. Membuatnya sendiri tidak terlalu banyak memakan biaya, hanya membutuhkan kesabaran untuk mengolahnya. 

Versi pertama saya membuat dumpling,  beberapa bulan yang lalu, kulit dumpling tidak shiny dan translucent seperti yang dijual di resto dimsum. Cari-cari infonya di buku resep masakan dan internet ternyata tepung untuk membuat adonan kulitnya bukan tepung terigu, tetapi menggunakan wheat starch dan ditambah tepung tapioka. Saya mengganti wheat starch dengan tepung ten mien (tepung khusus dumpling) ditambah terigu dan tapioka. Klik disini untuk melihat resep kulit dumpling yang saya posting di Dasar Membuat Kulit Dumpling & Siomay.

Untuk kali ini dumpling saya anggap 'hampir' berhasil, kulitnya cukup shiny walaupun kurang transparan dan bentuknya masih kurang oke. Yup, soal rasa memang mantap tapi untuk soal penampilannya harus banyak belajar. Again?!  Isi dumplingnya saya menggunakan daging ayam cincang dan udang. Jika anda tertarik untuk mencobanya di rumah berikut ini saya sertakan resep dan step by step membuatnya. 

Resep Dumpling Ayam & Udang JTT

Dumpling Ayam & Udang
Resep diadaptasikan dari:
Cook Eat Share by Linda Tay Esposito, Dumpling Dough
Use Real Butter.com, Chinese Dumplings and Potstickers  

Untuk 30 buah dumpling

Bahan isi:
- 100 gram ayam cincang
- 100 gram udang cincang
- 150 gram sawi putih (napa cabbage), rajang halus
- 2 batang daun bawang, rajang halus
- 4 buah jamur shitake, rajang tipis
- 2 sendok makan tepung tapioka 

Bumbu:
- 1/2 sendok teh bawang putih bubuk
- 1 sendok teh soy sauce/kecap asin (saya pakai Kikoman)
- 1 sendok teh minyak wijen
- 1 sendok teh saus tiram
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh jahe parut
- 1/4 sendok teh kaldu bubuk

Pelengkap:
Saus sambal botolan atau soy sauce untuk pencelup dumpling

Cara membuat:
Siapkan adonan kulit dumpling, gilas dengan kayu penggilas atau menggunakan alat pembuat mie atau pasta. Jangan menggilas adonan terlalu tipis karena kulit menjadi mudah berlubang ketika menyentuh adonan isi. Jangan pula terlalu tebal karena akan membuat kulit tidak transparant ketika dikukus. Cetak lembaran kulit yang telah digilas tipis dengan gelas untuk membuat lingkaran diameter + 8 cm, sisihkan.

Resep Dumpling Ayam & Udang JTT

Dalam mangkuk besar, campur semua bahan isi dan bumbu, aduk menggunakan jari-jari tangan hingga semua bahan tercampur rata. 

Resep Dumpling Ayam & Udang JTT

Letakkan satu lembar kulit dumpling di telapak tangan anda, beri satu sendok isi dumpling, tekuk dan satukan kedua sisinya sehingga menjadi setengah lingkaran. 

Resep Dumpling Ayam & Udang JTT

 Tekan-tekan sisi sambungan agar adonan isi tidak keluar. 

Resep Dumpling Ayam & Udang JTT

Lipat bagian tepi adonan di mulai dari bagian tengah dumpling ke kanan, balik dumpling dan lipat lagi sisanya. Jangan terlalu kuat menekan bagian kulit yang terkena adonan karena  adonan yang basah membuat kulit mudah sekali berlubang. 


Resep Dumpling Ayam & Udang JTT


Bentuk dumpling yang bisa anda buat bervariasi, tidak terpaku pada bentuk diatas. Anda bisa juga hanya membuat bentuk setengah lingkaran atau bentuk topi seperti dibawah.

Resep Dumpling Ayam & Udang JTT

Untuk memasaknya anda bisa menggunakan 2 cara.

Cara pertama dengan mengukusnya menggunakan pengukus yang terbuat dari anyaman bambu berukuran kecil yang biasa dipakai di resto dim sum. Alasi kukusan dengan daun sawi putih agar dumpling tidak lengket. Beri jarak, jangan sampai dumpling bersentuhan. Kukus selama 20 menit. 


Resep Dumpling Ayam & Udang JTT

Cara kedua adalah dengan metode pan fried untuk membuat potstickers. Tata dumpling di wajan/pan datar anti lengket. Beri 300 ml air dan 2 sendok makan minyak goreng, masak hingga air habis dan bagian bawah dumpling menjadi kecoklatan.  Angkat.

Resep Dumpling Ayam & Udang JTT

Dumpling siap dinikmati dengan cocolan sambal botol atau soy sauce. Enjoy!


Sources:
Cook Eat Share by Linda Tay Esposito, Dumpling Dough
Use Real Butter, Chinese Dumplings and Potstickers 
About.com, Chinese Food, Delicious Chinese Dim Sum by Rhonda Parkinson
Wikipedia.com, Dim Sum
Wikipedia.com, Jiaozi



32 komentar:

  1. Like this sooo much! Thanks for the reciep! :D

    BalasHapus
  2. Hai, thanks euy! Try the shrimp version in dumpling udang (hakau).^_^

    BalasHapus
  3. hai hai....
    amazing presentation of you....
    izin nyonter resepnya yach
    soalnya aku msih amatiran banget dlm per_dimsum_an
    http://dentistvschef.wordpress.com

    BalasHapus
  4. hai..hai....
    Nice presentation
    definitely help the amateur like me
    izin nyontek yach, soanya baru di dunia per_dimsum_an
    http://dentistvschef.wordpress.com

    BalasHapus
  5. Hai, silahkan dicoba, semoga sukses ya ^_^

    BalasHapus
  6. , aku ud berhasil smpe tahap bungkus. Ehhh pas dicoba ala potstiker, ga jadiiii. Kulitny malah kyk digoreng, garing2 gtu :'(. Salah dmn y? Mohon pencerahan, he2. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk metode potstickers kalau air sudah habis jangan teralu lama terpanggang, kulit jadi kering dan keras. Asal bagian bawah mulai kuning kecoklatan segera angkat. pakai api kecil saja ya.

      Hapus
  7. halo... unn, saya ingin memberi saran tentang bentuk dumpling. untuk dumpling dengan bagian tepi terlipat seperti contoh 1, sebaiknya lipat hanya salah satu tepi sedangkan tepi lain dibiarkan rata sehingga bentuk dumpling dapat terlihat seperti bulan sabit. biasanya saya membuat gyoza, awalnya saya tidak tahu ada cara tersendiri dalam melipat kulitnya. setelah saya mencoba cara tersebut, beberapa hasil awal memang kurang memuaskan tapi lama-lama saya mulai terbiasa dan dapat membentuk seperti bulan sabit. sayangnya usaha saya gagal karena saya terlalu dekat ketika meletakkan gyoza di wajan sehingga saling menempel dan juga lengket di wajan. ^^; terima kasih sudah berbagi resep adonan dasar dumpling, mungkin kapan-kapan saya bisa mencobanya. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah senang sekali mendapatkan info tentang dumpling. memang seni pat-melipat ini agak2 susah karena belum terbiasa ya. Masalah lain tentang dumpling adalah kulitnya yang gak seempuk di resto, sampai sekarang saya belum menemukan resep kulit dumpling yang gak terlalu kenyal, rata2 kenyal dan kalau udah dingin malah alot hahhaha. Kalau ada resep yang oke boleh di share ya Mba. Sukses selalu. Salam.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. mbak, dimsum resto kan selalu disajikan dlm keadaan hangat makanya empuk aja. mungkin kalo utk acara mis. arisan bs ditarok di majic jar jd empuk terus. bs jg disiasatin menggunakan tepung beras tanpa kanji. kulitnya tetap lembut stlh dingin tp kurang transparan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, di resto dimsum selalu hangat dalam kukusan terus menerus. thanks tipsnya ya, mungkin bisa menyiasati faktor keras di dimsum.

      Hapus
  10. Kulit dumplingnya gimana buatnya? ato beli jadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya saya sudah memberikan link menuju ke resep adonan dumpling di cerita pembuka diatas, kalau mba bersedia membacanya.

      tapi ini saya berikan lagi linknya ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/01/adonan-dasar-untuk-kulit-dumpling-dan.html

      Hapus
  11. mbak, kalo dumpling ini bisa dibuat stok gak? di freezer atau di refrigator? trus tahan brp lama yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, bekukan di freezer maks sampai 3 bulan ya.

      Hapus
  12. Aku udah coba bikin ini, enaak anakku suka. Aku bikin kuahnya biar sama kayak sup shrimp dumpling di h*kben. Makasih ya mbak endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya ya mba, senang resepnya disuka! sukses yaa

      Hapus
  13. Mbaa...makasi resepnya,awal aku bikin anak & suamiku suka, terus arisan juga temen2ku suka, Alhamdulillah sekarang malah dpt orderan dumpling utk ibu2 temen sekolah anakku...makasii ya mba...

    BalasHapus
  14. Mba Endang, bisa ga adonan dim sum ini dbuat tanpa kulit? Jadi di kukusnya pake cetakan kue lumpur gt mbak. Jamurnya kl diganti dengan jamur tiram bisa ga mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa2 saja Mba, ya jadi kaya siomay, siomay kan sebenarnya salah satu jenis dimsum. Bs pakai jamur tiram mba

      Hapus
  15. Mbak, sy br sj nyoba bikin dumpling hakau udang dg twpung tan mien. Sy masak dg meyode potstickers and it stick on the pan �� kenapa ya? Padahal sdh sy beri minyak ��
    Ika-Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin jenis pan-nya Mba Ika, kalau pan anti lengket harusnya gak lengket mba walau tanpa minyak

      Hapus
  16. Salam kenal mbak... Pengen cerita dikit nih... sy prnh mencoba bikin hakau ini... dulu sy menemukn resep hakau dr sebuah blog... resep bumbunya sama spt resep dr mb Endang ini.. Klo sy rasakn... sptnya jahe mlh merusak rasa ya... jd agak eneg gt.. Yg ingin sy tnykn... apakah rasa hakau yg dijual di resto mmg ada citarasa jahe ya? Maklum sy blm prnh sekalipun beli hakau di resto/supermarket..krn susah menemukn hakau di sekitar tpt tinggalku... jd msih penasaran rasa hakau yg asli tuh spt apa...apkh spt siomay?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya, skip saja jahe, umumnya masakan china menggunakan jahe, hanya saja kalau jenisnya gyoza (jepang punya) biasanya tanpa jahe.

      Hapus
  17. halo mba endang. sy mau tanya kalo utk di frezer sebaiknya dumpling mentah atau dikukus dulu?

    BalasHapus
  18. Hallo mba endang.. kalo gak pakai jamur apa merubah rasa mba?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...