13 Januari 2011

Resep Sapi Lada Hitam


Resep Sapi Lada Hitam JTT

Meskipun sering menyantap masakan sapi lada hitam di restoran, tapi saya belum pernah mencobanya sendiri di rumah. Padahal ketika dicoba menu ini sangat sederhana baik bumbu maupun proses memasaknya. Rasanya juga lezat, tidak kalah dengan yang dijual di resto. Padahal kalau membelinya di resto, sapi lada hitam tergolong menu yang agak mahal menurut standar saya. Yah, sejak hari ini tentu saja saya tidak akan membelinya lagi di resto karena memasaknya sendiri di rumah jauh lebih memuaskan hasilnya. 

Resep Sapi Lada Hitam JTT
Resep Sapi Lada Hitam JTT

Hal yang terpenting dalam mengolah masakan ini adalah mengiris daging sapi setipis mungkin, ini agak sulit untuk dilakukan kecuali anda meminta tukang daging untuk melakukannya. Tapi jika tidak, saya punya tipsnya. Bekukan daging di freezer hingga setengah beku, atau jika anda telah memiliki daging beku di kulkas maka biarkan di suhu ruang hingga setengah beku. Dalam kondisi seperti ini daging mudah kita iris menjadi potongan yang tipis. Asah pisau terlebih dahulu ya, supaya ketajamannya maksimal. 

Resep Sapi Lada Hitam JTT

Tips lainnya adalah gunakan lada hitam yang masih fresh sehingga aroma dan rasanya kuat, berhubung namanya sapi lada hitam tidak lucu kan kalau lada hitamnya tidak terlihat dan tidak terasa. Tumbuk kasar lada hitam butiran untuk mendapatkan lada yang benar-benar fresh.

Yuk mari kita tilik resepnya.

Resep Sapi Lada Hitam JTT
Sapi Lada Hitam
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 6 porsi 

Bahan:
- 500 gram daging sapi bebas cari yang lemaknya sedikit, iris tipis
- 1/2 butir paprika merah, iris tipis memanjang
- 1/2 butir paprika hijau, iris tipis memanjang
- 1 butir bawang bombay ukuran besar atau 2 butir ukuran kecil, belah menjadi 8 bagian

Bumbu perendam:
- 2 sendok makan soy sauce
- 1/2 sendok teh minyak wijen
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1 1/2 sendok teh merica hitam butiran yang ditumbuk kasar

Bumbu saus:
- 1 ruas jahe, iris tipis korek api
- 1 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh gula
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok makan tepung maizena yang dilarutkan dengan 50 ml air untuk pengental
- 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat:
Dalam mangkuk ukuran sedang, masukkan daging dan bumbu perendam, aduk rata. Simpan dalam lemari es minimal 1 jam. 

Resep Sapi Lada Hitam JTT
Resep Sapi Lada Hitam JTT

Panaskan 1 sendok makan minyak di wajan, masukkan daging ke dalam wajan, aduk-aduk dan masak hingga daging matang. Angkat dan sisihkan.

Resep Sapi Lada Hitam JTT
Resep Sapi Lada Hitam JTT

Tumis bawang bombay dan jahe hingga bawang bombay kecoklatan dan transparan, masukkan paprika, aduk-aduk. Masukkan tumisan daging sapi, garam, gula, saus tiram, kaldu bubuk, dan sisa bumbu perendam jika ada. Aduk rata. 

Resep Sapi Lada Hitam JTT
Resep Sapi Lada Hitam JTT

Masukkan tepung maizena yang telah dicairkan, aduk hingga semua bahan matang. Cicipi rasanya dan angkat. 

Resep Sapi Lada Hitam JTT


Sapi lada hitam siap disajikan dengan nasi hangat. Sedap euy!



63 komentar:

  1. Mau tanya, untuk soy sauce nya bisa diganti sama kecap manis biasa g?

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, ganti pakai kecap asin saja ya tapi takarannya dikurangi karena kecap asin cenderung kadar garamnya terlalu tinggi dibandingkan dengan regular soy sauce, tapi kalau kecap manis (sweet soya sauce) rasanya jadi terlalu manis ^_^

      Hapus
    2. Halo mba Endang,
      Mau nanya, mereknya regular soy sauce yang mba Endang gunakan apa?
      Saya agak kesulitan soalnya nyari yang berlabel halal..
      Terima kasih..

      Hapus
    3. Halo Mba Reza, setahu saya lee kum kee itu halal Mba, coba digoogling, cuman memang belum ada label halalnya.

      Hapus
  2. Mbak Endang, resep yg ini juga saya coba kemarin. Lezat! Namun saya nggak menemukan lada hitam butiran di pasar tradisional dekat rumah. Di Alfa Mart dan Indo Mart juga adanya lada putih. Jadi saya terpaksa pakai lada putih, dan namanya jadi ... daging sapi saus tiram aja deh. Lain kali saya akan berburu lada hitam di supermarket. Sukses selalu u/ mbak Endang!
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sisca, saya rasa sapi saus tiram juga enak kok hehehe. Biasanya di pasar tradisional, dipedagang bumbu rempah pakai plastik2 kecil malah ada Mba, kalau di Jakarta banyak yang jual di pasar hehehe.

      Hapus
  3. Mbak Endang, saya sdh coba resep ini lagi. Ini yg kedua. Kali ini pake lada hitam. Hanya saja paprika merah dan hijau saya ganti dg cabe merah dan hijau besar yg sdh saya hilangkan bijinya. Paprika lumayan mahal...he..he... Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sisca, yep pakai cabai merah dan hijau yang besar sama saja, tetap enak, paprika memag mahalnya polll. hehehe

      Hapus
  4. mbak... kmrn aku coba ini, tp gak ada soy sauce jd kuganti kecap ikan.. Wahhh.. Enakkk banget deh.. Suamiku doyan deh.. Thanks ya mbak... (uci)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Uci, thanks sharingnya yaaa, senang sekali resepnya disuka ^_^

      Hapus
  5. Mbak endang,, biasanya pakai saus tiram merk apa ya?? Saus tiram yg didapur ku kok rasanya krg oke ya,tiap masak pake itu ga puas hasilnya.. Makasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Meilani, saya pakai merk Lee Kum Khee ya, atau merk Panda, keduanya oke. Memang sebaik ya untuk rasa yang mantap pakai saus tiram yang kualitasnya bagus ya

      Hapus
  6. Iya kalo yg kualitasnya ga ok rasanya malah aneh.. Thanks y mbak..,
    Oiya kalau soy sauce nya pake kikkoman kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai lee kum kee juga mba untuk kecap asinnya ya

      Hapus
  7. Mbak,saya udah coba resepnya cuma ganti ayam,adanya itu sih,hehe,enak lho mbak,walaupun buat saya kemanisan,berikutnya ga usah pake gula gpp yah mbak?
    Lada hitamnya saya pake yg udah jadi karena saya ga nemu yg masih bulet dan belum kuat giling bumbu pake cobek (adanya cobek),kurang enak memang,hihi makasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Novi, thanks sharingnya ya mba.

      skip saja gulanya kalau tidak suka rasa manisnya ya mba, gak masalah kok. senang resepnya disuka yaa

      Hapus
  8. Mbae..ini menu sahur aq semlm..habiis tak bersisa..karna ga ada lada hitam utuh, aq pake yg sudah halus trus kecap soy sauce aq pake kecap asin cap atom bulan...dagingnya aq siram ke brokoli yg aq rebus bentar..trus aq bikin salad..makan pake saos sambel + mayones..serasa menu ala2 hokben..hehehe..tengqyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Meri, thanks sharing ya mba, senang sekali resepnya disuka dan sukses dicoba hehhehe. Wah kayanya menunya sedap banget, yep serasa sahur bersama hokben wakakka

      Hapus
  9. Mba Endang aku udah coba resep ini tadi. OMG enaakkk bgttt. empukk bgt. Meresap bumbunya. Suami suka bgt mbaa. Trims yaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Nia sharingnya, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  10. mb mau tanya supaya daging cepat empuk gmna ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rendam dengan parutan nanas, bs lihat tipsnya di steak daging sapi JTT mba

      Hapus
  11. mba.. kalau dagingnya di rendam semalaman boleh kah? apakah rasanya lebih yahud? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh ya, rasanya akan lebih sedap dan meresap, serta daging jadi lebih cepat empuk ya

      Hapus
  12. Mbak endang, terimakasih ya resepnya baru saja saya contek. Enak sekali mbak. Beneran kayak maem di resto hehehe....ini bakalan jadi resep andalan di dapur saya nih. Masaknya pun ga ribet. yang saya skip cuma kaldu bubuk aja. Mbak endang pake merk apa ya untuk kaldu bubuk? Saya sebenarnya masak apapun ga pernah pake kaldu bubuk atau kaldu Blok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Sabathea, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Yep kaldu bubuk mengandung MSG mba, kalau bs skip saja dari semua masakan, saya pakai Royco ya.

      Hapus
  13. Hallo mbak Endang, saya kemarin barusan nyoba resep ini dan enak banget, teman2 yg saya cobain juga bilang enak. Saya baru kali ini nyoba masak sapi soalnya saya kerja kantoran jadi jarang masak kecuali kalo lagi mood masak, rasanya pengen coba masak semua hehehe. Krn jarang masak, kmrn sempat bingung pilih daging sapi, sy asal aja beli yg has luar tp lumayan sih cuma memang waktu dipotongin sama tukang dagingnya kurang tipis jd hasil akhirnya kurang empuk tapi untung masih bisa dimakan hehehe, seharusnya kalo mau beli sapi untuk lada hitam gini, sebaiknya pilih yg bagian mana mbak? Oh ya mbak, apakah merendam daging dalam waktu yg cukup lama bisa membuat daging lebih empuk? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lady, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Sebaiknya memang pakai daging sapi has dalam dan potong setipis mungkin supaya mudah empuk mba. Yep, semakin lama direndam bumbu akan membuat daging lebih empuk, coba tambah nanas parut sekitar 1 sendok makan di bumbu rendaman. Nanas membuat daging lebih mudah empuk.

      Hapus
    2. Oh, has dalam ya, oke next time saya mau coba lagi. Iya, kmrn kurang lama juga rendamnya, hehehe. Oh, ya mbak, gimana biar bumbunya bisa banyak ya? Soalnya yg kemarin menurut saya kurang bumbunya. Terima kasih :)

      Hapus
    3. hai Mba Lady, di double saja bumbunya mba dari resep supaya lebih banyak.

      Hapus
  14. Mb... Saya penasaran nih nyoba resep ini. Tp dagingny udah saya rebus. Gimana? Langsung aj ditumis sama bumbu rendaman n etc gitu?

    BalasHapus
  15. Mbak endang....kl bumbu rendaman ditambah sm parutan nanas n campuran daging n bumbu rendaman didiamkan dikulkas semalaman,kira2 bagus ga ya mbak? Dan campuran bumbu rendaman yang ada nanasnya bisa langsung ikut ditumis ga mbak?
    Terimakasih mbak endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak masalah ya mba, bisa2 saja dan bumbu rendaman plus nanas tetap enak. Hanya perlu diperhatikan nanas membuat daging mudah empuk, menyimpannya terlalu lama beresiko daging menjadi hancur ya

      Hapus
  16. Mba Endang, jika saya mengganti daging sapi dengan fillet ikan kakap, apa ikannya perlu dikasih perasan jeruk nipis dan garam sebelum dilumuri dengan bumbu perendam? Makasih Mba.

    Aisyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Aisyah, tidak perlu mba, langsung saja masuk ke bumbu perendam ya

      Hapus
  17. saya sudah coba resepnya..enak sekali..terima kasih sudah bernagi resep :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya yaaa, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  18. enaaaak bgt resep sapi lada hitamnya mba...bagi pemula spt saya, hasil masakan udh berasa kyk mkn di resto, thks a lot resepnya mba Endang :)

    BalasHapus
  19. Haloo mba, aku pengen coba resepnyaaaa. Kalo minyak wijen bisa diganti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. skip saja ya mba Eka, minyak wijen tdk bs digantikan bahan lain ya

      Hapus
  20. Mba endang, minyak wijen, saus tiram, sama kecap manisnya pake merk apa ya? Mau coba experimen di dapur secepatnya nih?mendadak ngiler pingin buatin suami menu berbuka yg enak gini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Wid, saya pakai minyak wijen, saus tiram merk Lee Kum Kee ya, kalau kecap manis merk lokal apapun oke dan sama saja rasanya ya.

      Hapus
  21. Terima kasih resepnya mba... Saya jdi bisa masak

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah, mlm ini bikin sapi lada hitam ala mba Endang 👍👍👍 enak banget, tapi ladanya ganti yg putih 😁😁😁lada hitam susah dapatnya.

    Ngiler lihat foto mba Endang, jadi kepikiran pengen bikin menu makan malam buat suami,,, ech ternyata keluarga besar suami yg datang 😄😄😄hiks masakannya gak jadi spesial buat suami😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Rini sharingya, senang resepnya disuka. Memang lebiuh mantap pakai lada hitam tapi ditambah saus tiram, sedikit kecap inggris dan kecap asin bs membuat sausnya jadi kecoklatan juga kok. sukses yaaa

      Hapus
  23. Hallow mba endang pa kbr?ak kmrn buat ini enak mba endang..Yg mw ak tanyain berhubung stock daging kambing blm diapa2in msh difreezer hasil pemberian qurban, bs kah resep ini menggunakan daging kambing?soalnya ini lmyn simple ketimbang hrs digulai atau disop...lg mlz Yg ribet2 ..hehe..jd aneh ga ya mba rasanya Klo pke kambing?thanks bgt ya mba endang sdh berbagi resep Yg murah n simple enak pula..terima kasih jg atas responnya..smga bs menjadi kadang pahala jahiriah...amiiiijn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fitri, prinsipnya resep ini pakai jenis daging apapun oke ya. Kalau kambing masalahnya adalah aromanya yang prengus, selama gak bermasalah dengan bau itu menurut saya oke2 saja

      Hapus
  24. mba endang, saya suka sekali coba coba resep disni . jd pede masak skrg .. saya sudah coba ini, then voila suamipun suka pdhl dia bukan pecinta daging sapi . makasih ya mba endang .. trus berkarya yaa ! ❤️

    BalasHapus
  25. Setiap ada resep JTT yang meminta dilakukan marinade, pasti saya akan me-marinade setidaknya semalaman. Sama halnya dengan resep ini, hasilnya lebih mantap karena bumbu meresap ke dalam, dagingnya juga lebih empuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Bunda Ghania sharingya ya, senang resepnya disuka.

      Hapus
  26. Mbak, mau nanya yg di gambar saya lihat ada semacam daun bawang gitu, tp di bahan resep gak ada.. mau nambahin daun bawang takut mengubah rasa 😁 kira2 itu pakai daun bawang apa tidak? Terima kasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep saya pakai, lupa masukin hehehe, 1 batang saja potong 2 cm ya.

      Hapus
  27. mbak, mau tanya, kalau daging itu sebaiknya d cuci apa engga ya seblum d kasih bahan perendam?
    karna kan ada yg bilang kalau daging d cuci jadi bnyak airnya mbak

    makasi����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cuci Mba, dan ditiriskan, so far tdk masalah.

      Hapus
  28. Dagingnya diganti ayam bisa gak mba??direndam juga kalo pake ayam?

    BalasHapus
  29. alhamdulillah udah saya coba, diganti dengan ayam mba, hasilnya.?? Top.. enak mba.. makasih ya mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep pakai ayam atau daging sapi tetap enaaak

      Hapus
    2. Hai Mba Endang... Apakah ayam nya di iris tipis juga?

      Hapus
    3. yep, pakai fillet atau ayam utuh dipootng kecil2

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...